METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF Matematika sampai saat ini masih dianggap momok bagi beberapa siswa. Pelajaran yang satu ini memang membutuhkan kerja otak yang ekstra. Sebagian besar siswa di Indonesia tidak terlalu senang dengan mata pelajaran ini, oleh karena itu nilai ujian dari mata pelajaran ini lebih rendah daripada pelajaran yang lain. Menindak lanjuti dari hal tersebut, maka perlu adanya upaya peningkatan kualitas pendidikan khususnya untuk mata pelajaran matematika. Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah khususnya, perlu adanya metode pembelajaran yang inovatif.. Metode pembelajaran sangat penting digunakan dalam proses belajar mengajar. Dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan menentukan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan salah satu cara yang digunakan guru dalam menyampaikan pelajaran kepada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode pembelajaran yang menarik akan berakibat pada motivasi siswa dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran meningkat. Dewasa ini banyak metode-metode pembelajaran yang inovatif bermunculan. Sebagai contoh metode-metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah, ekspositori, tanya jawab, demonstrasi, penugasan, inquiry, permainan, eksperimen, pemecahan masalah, dan metode pembelajaran kooperatif . Metode pembelajaran kooperatif, saat ini sudah sering digunakan dalam pembelajaran. Metode pembelajaran kooperatif adalah suatu pembelajaran yang lebih menekankan kepada proses kerja sama dalam kelompok. Pada mata pelajaran matematika tidak semua metode pembelajaran dapat digunakan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan, hal ini disesuaikan dengan materi yang sedang dibahas. Contohnya, pada materi bangun ruang, guru dapat menggunakan metode kooperatif dengan cara memberikan simulasi alat peraga, sehingga dalam pembelajaran ini peserta didik dapat termotivasi untuk memahami materi, dan saling bekerja sama dengan kelompoknya untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Model pembelajaran inovatif merupakan salah satu model pembelajaran yang patut dipertimbangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam lingkungan keluarga. Model pembelajaran inovatif ini berciri antisipasi dan partisipasi, menyeimbangkan antara kegiatan penyadaran dengan kegiatan pemberdayaan,antara pembentukan otonomi dengan pembentukan integrasi setiap anak (CARApedia, 2012) Beberapa model pembelajaran inovatif telah dikembangkan untuk memacu siswa berperan aktif dalam setiap pembelajaran. Siswa diharapkan mampu dan mau meberikan pendapatnya. Model pembelajaran inovatif menuntut siswa untuk terlibat saling tukar pikiran, berkolaborasi dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sehingga diharapkan siswa mampu mengembangkan kemampuan komunikasi mereka (CARApedia, 2012) Model pembelajaran kooperatif yang inovatif beragam, salah satunya Problem Solving. Problem solving juga sering disebut Pemecahan Masalah. Pembelajaran pemecahan masalah adalah suatu kegiatan yang didesain oleh guru dalam rangka memberi tantangan kepada siswa melalui penugasan atau pertanyaan matematika ( Rosyadi Muhammad, 28 Januari 2010 ). Langkah-langkah Pembelajaran Problem Solving yang harus diperhatikan guru yang dikemukakan Rosyadi Muhammad ( rosyadi1983@yahoo.com, 28 Januari 2010) adalah sebagai berikut : 1. Menyajikan masalah dalam bentuk umum. 2. Menyajikan kembali masalah dalam bentuk operasional. 3. Menentukan strategi penyelesaian. 4. Menyelesaikan masalah. Dalam diskusi kemungkinan implementasi matematika problem solving, saya yakin bahwa sekurang-kurangnya ada tiga faktor penting yang harus difikirkan. Pertama, merubah peranan guru (changing the role of teacher). Kedua, merubah susunan kelas (changing classroom management) dan, ketiga, menganalisa topik dalam kurikulum matematika Indonesia yang mungkin dapat mengakomodasi dan lebih efektif jika menggunakan pendekatan problem solving. Dalam hal merubah peran guru, perlu disadari bahwa strategi pembelajaran problem solving telah merubah gaya murid belajar (students’ style learning) dari sebagai murid pasif belajar menjadi murid yang aktif belajar (construct their own concepts). Sebagai konsekuensi menuntut berubahnya peran guru (Mutadi, 22 Februari 2010). Problem solving matematika memiliki sejumlah keuntungan (benefits). Strategi problem solving tidak hanya mampu mengubah gaya belajar anak dari sebagai pelajar yang pasif menjadi pelajar yang aktif dalam mengkonstruksi konsep mereka, tetapi juga, membuat pembelajaran matematika lebih berarti (more meaningful), masuk akal (make sense), menantang dan menyenangkan (challenge and fun), cocok buat siswa (relevant for students), dan memberikan cara berfikir yang fleksibel (thinking flexibility). Karenanya problem solving matematika dapat dipandang sebagai suatu pendekatan yang penting untuk meningkatkan pemahaman matematika anak.( Mutadi, 22 Februari 2010 ) Dari berbagai penjelasan mengenai metode pembelajaran yang inovatif, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran sangat dibutuhkan metode-metode pembelajaran inovatif, sehingga dengan tercapainya tujuan dari metode tersebut akan berpengaruh pada meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia. REFERENSI Rosyadi, muhammad. 2010.”Model Pembelajaran Problem Solving” (online), (http://www.hijaudaun.rosyadi1983.com/model_pembelajaran_problem_s olving.htm, diakses tanggal 28 Maret 2012). Mutadi. 2010. “Problem Solving Matematika”(online), (http://www/articles/ problem_solving_matematika.htm, diakses tanggal 28 Maret 2012). CARApedia. 2012. “Model Pembelajaran Inovatif’ (online), (http://www/articles/model_pembelajaran_inovatif_ilmu_pengetahuan_CARApedia.htm, diakses tanggal 29 Maret 2012).

About FEBRILIA ANJARSARI

Mahasiswa FKIP Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s